Blogger templates

About Us

Kamis, 11 April 2013

Kisah Program Jadul ‘Web Copier’ Yang Biasa Menguras Isi Perut Website

Kisah Program Jadul ‘Web Copier’ Yang Biasa Menguras Isi Perut Website


Cyber Espionage di dunia maya yang terbongkar kemarin itu (Tracking GhostNet : Investigating a Cyber Espionage Network), buat beberapa Pejabat Pemerintahan kita kebakaran jenggot, sebab katanya situs Deplu RI termasuk yang ditarget mereka.
Sebuah software yang bernama HTTrack Website Copier sudah lazim dipakai pengguna internet di seluruh dunia, termasuk di Tanah Air, kalau mereka bermaksud mau mengambil semua ‘isi perut’ sebuah website, bahkan, di warnet-warnet besar biasanya menyediakan software itu untuk digunakan pengunjungnya yang membutuhkannya. Software ini bisa di download gratis di situsnya itu, kini bahkan sudah ada versi terbaru yaitu versi 3.43-4.
Dengan software itu, website Pemerintahan seperti : Bank Indonesia, BPS, Bappenas, Depkeu, bahkan milik TNI dengan mudahnya dikuras habis. Kalau di dalamnya ada file-file ‘terlarang’ atau ‘forbidden’, bisa diangkut oleh software kecil ini. Situs BI saja bisa, apalagi kalau hanya situs-situs sekelas milik Pemda di seluruh Tanah Air.
Melihat contoh kasus di atas ini, semoga saya menjadi perhatian para aparat keamanan kita dan pengelola situs Pemerintahan dan Swasta di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About